News Update :
Home » » Performa Hard Disk pada Windows 7

Performa Hard Disk pada Windows 7

Masalah seorang pengguna PC ingin segera menjajal keampuhan Windows 7 terbaru dari Microsoft. Instalasi berlangsung dan sistem WIndows dirasakan lebih cepat dibanding Vista. Namun, saat meng-copy folder foto, ia mulai merasakan adanya masalah. Proses copy di Windows 7 jauh lebih lambat dibanding di Vista.
Diagnosis: Meskipun Vista diketahui lebih lambat, memakai area hard disk lebih besar, dan mengesalkan karena berbagai pertanyaan sistem sekuritnya, Vista tidak memiliki masalah dalam performa akses hard disk. PC yang digunakan pengguna tersebut dilengkapi dengan dua (2) hard disk SATA yang tidak terlalu baru, tetapi telah mendungkung feature Native Command Queuing (NCQ). Feature ini menjamin akses pada modus AHCI yang cepat. Pengguna tersebut mencoba meng-uninstall controller dan hard disk dalam Device Manager agar Windows meng-install ulang driver-nya. Sayangnya solusi ini tidak membawa hasil. Ia pun akhirnya menyerah dan kemudian meminta bantuan CHIP. Saat menerima PC tersebut, CHIP ingin memastikan apakah masalah bukan berasal dari hard disk. CHIP menonaktifkan AHCI mode dalam BIOS dan membiarkan hard disk bekerja dalam IDE Compatibility mode. Oleh karena Windows 7 berjalan lancar, berarti hard disk bukanlah sumber masalahnya. Oleh karena motherboard tersebut memakai chipset Intel ICH-10, CHIP mencoba men-download dan meng-install Intel Matrix Storage Manager.
SOLUSI Setelah driver aktual Intel tersebut selesai di-install, CHIP mengaktifkan kembali AHCI mode dan merestart PC. Windows start dan kedua hard disk bekerja tanpa masalah dalam mode tersebut.
Software diagnostik menunjukkan transfer mode UDMA 6 telah aktif dan hasil pengujian benchmark menunjukkan, performa hard disk yang lebih baik. Kesimpulannya, driver Windows 7 belumlah optimal.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. mandhez . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template Design by Premium Blogger Templates. Inspired from Blogger Tricksfree download all