News Update :
Home » » 7 Langkah Mudah Menjadi Vegetarir

7 Langkah Mudah Menjadi Vegetarir

Pernah berpikir ingin menjadi seorang vegetarir? Penganut vegetarian kini semakin banyak terutama mereka yang memilih gaya hidup ini untuk alasan kesehatan. Awalnya memang sulit terutama bagi mereka yang pemula, namun tips-tips berikut bisa membuat Anda lebih mudah menjalaninya!

Yang dimaksud vegetarian adalah aliran atau paham yang menjalankan pola hidup tanpa mengkonsumsi makanan hewani dan memilih untuk mengkonsumi bahan makanan nabati. Sedangkan orang yang menjalankan pola hidup tersebut disebut dengan Vegetarir. Ada banyak alasan seseorang menjadi penganut vegetarian diantaranya untuk alasan religi, kesehatan, dan berkaitan dengan sikap etis terhadap hak asasi hewan.

Kini menjadi seorang vegetarir bukan hanya karena alasan religi, melainkan sudah menjadi gaya hidup sehat bahkan trend. Memang untuk menjadi penganut vegetarian tidaklah mudah, apalagi jika selama ini Anda sering mengkonsumsi bahan makanan hewani. Oleh karena itu Anda pun harus memahami yang menjadi motivasi Anda untuk menjadi seorang vegetarir.

Menjadi vegetarir adalah sebuah pilihan bukan paksaan. Pertimbangkan untuk melakukannya secara bertahap dan bukan secara instan. Sebenarnya hal tersebut terjadi karena kurangnya asupan nutrisi yang ia dapat sebab ia tak tahu kandungan gizi dari makanan yang harus dikonsumsinya.

Jika Anda berpikir untuk menjadi seorang vegetarir, berikut tips-tips yang bisa Anda pertimbangkan untuk memulainya:

1. Sebagai vegetarir pemula memang tidak mudah menjalaninya. Nah, agar asupan gizi tetap terpenuhi ada baiknya berkonsulasilah terlebih dahulu dengan ahli gizi. Atau bisa juga dengan bergabung di komunitas vegetarian yang sudah terbentuk seperti IVS atau lainnya. Hal tersebut dapat membuat Anda tahu lebih banyak tentang kehidupan vegetarian.

2. Jika belum terbiasa lakukan secara bertahap. Misalkan saja dengan mulai mengkonsumsi sayur-sayuran segar, tofu, kacang-kacangan dan bahan nabati lainnya selama seminggu 3 kali. Selain itu bisa juga mengubah kebiasaan dengan mengkonsumsi setengah porsi daging dan sisanya sayuran. Lakukan secara rutin hingga Anda benar-benar bisa berhenti mengkonsumi bahan makanan hewani.

3. Makanlah jenis kacang-kacangan yang tepat karena penting bagi tubuh. Misalkan saja gandum yang mengandung banyak protein, serat, dan nutrisi yang sebanding dengan nasi putih. Sedangkan omega 3 bisa diperoleh dari minyak jagung serta sayuran berwarna hijau seperti brokoli, bayam, dll.

4. Makanan vegetarian kini makin bervariasi. Cobalah untuk berkreasi dengan bahan bahan makanan nabati di dapur atau bisa juga pergi ke restoran vegetarian yang kini banyak bertebaran. Jadi tak usah khawatir jika makanan vegetarian itu membosankan.

5. Pikirkanlah tentang banyaknya keuntungan yang bisa Anda peroleh menjadi vegetarian. Dilihat dari sumber makanannya protein Vegetarian bisa diperoleh dari tempe, kacang-kacangan dan biji-bijian. Vegetarian membantu Anda mengurangi resiko terkena hipertensi karena mengkonsumsi banyak potassium yang bisa menurunkan tekanan darah. Rendahnya lemak jenuh dan tingginya serat yang larut bisa menurunkan kolestrol. Jelas selain menguntungkan bagi kesehatan juga bisa menghemat pengeluaran.

6. Menurut lembaga riset American Institute dikatakan bahwa, orang yang mengkonsumsi sayuran hijau dan berolahraga secara teratur biasanya dapat mengurangi resiko terkena kanker hingga 30%-40%. Ini bisa jadi satu lagi alasan positif buat Anda menjadi vegetarir.

7. Salah satu tujuan menjadi vegetarian adalah membuat bumi menjadi lebih baik, terutama mereka yang memiliki asalan etis terhadap hak asasi hewan seperti yang dilakukan oleh WWF atau PETA. Dengan mengacu pada alasan tersebut akan lebih mudah bagi Anda untuk mulai lebih banyak mengkonsumsi makanan nabati.

Menjalani hidup sebagai vegetarian kini bukan hanya dilakukan oleh orang dewasa. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa vegetarian bisa dilakukan mulai dari anak-anak, ibu hamil, ibu menyusui, bahkan lansia sekalipun. Sekali lagi menjadi seorang penganut vegetarian merupakan salah satu pilihan hidup Anda!

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. mandhez . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template Design by Premium Blogger Templates. Inspired from Blogger Tricksfree download all