News Update :
Home » » Pariwisata di Bali Masih Timpang

Pariwisata di Bali Masih Timpang

Pariwisata di Bali Masih Timpang Denpasar - Pariwisata di Bali belum merata antara kawasan Bali Selatan dan Bali Utara. Denyut nadi pariwisata masih terpusat di kawasan Bali Selatan, yaitu Kota Denpasar, Kabupaten Badung dan Gianyar. Sedangkan kawasan Bali Utara, Kabupaten Buleleng masih tertinggal.

"Kunjungan wisatawan mancanegara masih terkonsentrasi di wilayah Bali Selatan, utamanya Kabupaten Badung," kata Direktur Promosi Pariwisata Dalam Negeri, Ditjen Pemasaran Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, M Faried, dalam jumpa pres di Hotel Adhi Jaya, Jl Kartika plaza, Kuta, Selasa (29/3/2011).

Faried menjelaskan, pariwisata Bali terpusat di Bali Selatan karena berbagai sarana pariwisata serta sarana pendukungya, seperti akomidasi dan transportasi. Kawasan wisata Bali Selatan juga menawarkan daya tarik wisata dan diminati pasar serta didukung pintu gerbang masuk Bali, yaitu Bandara Ngurah Rai.
"Sejak awal pengembangan pariwisata di Bali dipusatkan di Bali Selatan, Kuta Sanur, Nusa Dua, dan Ubud," kata Faried.

Jumlah kunjungan wisatawan antara Bali Selatan dan Bali Utara juga sangat timpang. Misalnya, jumlah kunjungan wisatawan di Kabupaten Buleleng jauh tertinggal dari Kabupaten Badung. Pada tahun 2008, jumlah kunjungan wisatawan ke Buleleng sebanyak 153 ribu orang sedangkan pada tahun yang sama di Badung mencapai 1,9 juta orang. Sedangkan pada tahun 2009, kunjungan ke Buleleng sebanyak 213 ribu orang sedangkan kunjungan ke Badung mencapai 2,2 juta orang.

Untuk memajukan pariwisata Bali Utara, Kementrian Budaya dan Pariwisata akan segera menggelar Pesta Kesenian Rakyat Buleleng (PKRB) di Kabupaten Buleleng. Evennjungt ini untuk memajukan pariwisata di kawasan Bali Utara.

Faried mengatakan pesta kesenian tersebut untuk menyeimbangkan pengembangan sektor pariwisata di Bali Utara dan Bali Selatan. Kemenbudpar melakukan terobosan menggelar event pariwisata, seni dan budaya bertajuk "Pesta Rakyat Buleleng".

Pariwisata Bali terpusat di Selatan, padahal pontensi pariwisata di utara seperti Singaraja tidak kalah menarik dan uniknya. Terdapat beberapa atraksi wisata yang menarik, yaitu sapi Gerumbungan, lumba–lumba di pantai Lovina, serta kehidupan seni budaya dan adat istiadat yang tetap lestari

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. mandhez . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template Design by Premium Blogger Templates. Inspired from Blogger Tricksfree download all