News Update :
Home » , » asal mula sebuutan "TOMCAT"

asal mula sebuutan "TOMCAT"


Publik belakangan ramai membicarakan Paederus Littoralis. Serangga yang diduga memiliki racun berbahaya itu kabarnya telah menyerang sejumlah warga di beberapa daerah di Indonesia. Dengan racun yang dimilikinya, dia mampu membuat kulit manusia menjadi melepuh dan rusak.

Publik biasa mengenal serangga tersebut dengan sebutan tomcat. Namun, hingga Sabtu (24/3), belum ada yang tahu pasti asal muasal serangga itu diberi nama tomcat?

Tomcat lebih dikenal sebagai nama sebuah pesawat tempur yang menjadi andalan Angkatan Laut Amerika Serikat, sejak tahun 1972 sampai tahun 2006, yaitu pesawat tempur F14 Tomcat.

Jet ini merupakan pesawat tempur supersonik sayap ayun, yang dilengkapi dengan sistem Lantirn dan memiliki kemampuan serang darat yang tangguh. Saat masih digunakan, jet tempur ini menjadi andalan militer AS mencegat pesawat pengebom Soviet, sebelum meluncurkan rudal ke arah armada laut. Tomcat juga memiliki kemampuan superioritas udara.

Pesawat yang memiliki persenjataan canggih pada eranya ini, sempat menjadi andalan militer AS dalam perang teluk. Saat itu Tomcat sukses memenangkan duel udara dengan pesawat tempur yang dimiliki Irak.

Selain tomcat yang menjadi nama pesawat tempur andalan AS, kemungkinan lain asal nama serangga tomcat juga berasal dari nama merek pembasmi serangga di luar negeri. Pembasmi serangga yang diberi nama Tomcat itu, diperuntukkan untuk membunuh semut api dan semut biasa.

Tomcat pembasmi serangga ini dibagi menjadi dua jenis, yaitu gel pengumpan dan lem yang berfungsi untuk menjerat semut api. Merek tomcat pembasmi serangga ini sangat populer dan banyak digunakan di luar negeri.

Di Indonesia sendiri nama serangga tomcat biasa disebut dengan nama semut semai, atau di beberapa daerah disebut juga dengan nama semut kayap, dan disebut pula dengan kumbang rove yang masuk ke dalam kelompok utama dari hewan beruas (Arthropoda) yang termasuk dalam keluarga besar Kumbang (Staphylinidae).

Tomcat tergolong serangga aktif malam hari, yang sangat gemar mendekati sumber cahaya. Namun dia takut terhadap sinar matahari. Nah, hingga saat ini tidak ada kepastian darimana asal pemberian nama tomcat terhadap semut semai itu. Yang jelas, teror tomcat telah membuat kepanikan publik di sejumlah daerah.

*credit merdeka.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. mandhez . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template Design by Premium Blogger Templates. Inspired from Blogger Tricksfree download all