News Update :
Home » , » Bukan hanya gunung es saja penyebab TITANIC tenggelam

Bukan hanya gunung es saja penyebab TITANIC tenggelam

 
Setelah beberapa waktu lalu banyak yang menuding bulan sebagai salah satu penyebab tenggelamnya kapal yang pada saat pertama kali dibuat mempunyai sebutan unsinkable atau tidak dapat tenggelam atau ditenggelamkan, Titanic, kini muncul satu analisa menarik dari seorang penulis sekaligus ilmuwan asal Inggris, Richard Corfield.

Corfield mengatakan bahwa Titanic yang karam di lautan Atlantis utara pada tanggal 14-15 April 1912 dan menyebabkan 1.514 meninggal tersebut tidak hanya disebabkan karena menabrak gunung es. "Coba Anda bayangkan, bobot dan kekuatan Titanic dapat tenggelam hanya gara-gara menabrak gunung es sangatlah naif sekali", tulisnya dalam Physicsworld.com yang dikutip ulang oleh MSN.com. Corfield juga menyebutkan bahwa tenggelamnya Titanic dimulai dengan rentetan kejadian. Rentetan kejadian yang kemungkinan menjadi penyebab tenggelamnya Titanic adalah:

Iklim
Iklim di perairan Atlantis utara dipengaruhi oleh bertemunya Labrador Current dan the Gulf Stream atau pertemuan dua air dingin dan hangat. Dengan bertemunya dua air tersebut, maka akan terbentuk suatu arus yang mengalir deras. Selain masalah pertemuan dua arus air tersebut, iklim atau cuaca pada tahun tersebut masih termasuk musim dingin. Tentunya dengan dinginnya cuaca di tempat tersebut, maka banyak memunculkan atau melahirkan gundukan-gundukan es yang menutupi perairan Atlantis.

Permukaan laut
Bulan lalu para peneliti dari Texas State University, San marcos, America Serikat, membuat suatu pernyataan bahwa bulan
juga menjadi dalang atas tenggelamnya Titanic. Namun, beberapa peneliti lain juga mencoba menghubungkan antara bulan dan pasang surutnya air laut. Bulan memang menjadi penyebab terjadinya pasang surut air laut, dan karena pada bulan April 1912, permukaan air laut sedang surut, mengakibatkan terlepasnya gunung es dari pangkalnya dan 'berenang' menghalangi jalur yang dilewati Titanic.

Kecepatan kapal
Banyak Titanologist atau peneliti yang khusus meneliti Titanic menyebutkan bahwa Edward J. Smith, kapten kapan Titanic, ingin melampaui kecepatan dari Olympic atau 'saudara' Titanic dari pabrik yang sama, White Star Fleet. Karena kecepatan dan turunnya kabut pada waktu itu, maka tabrakan antara Titanic dengan gunung es tersebut tidak terelakkan. Selain karena jarak yang terlalu dekat, Smith juga tidak mungkin membelokkan Titanic secara mendadak, maka terjadilah tabrakan tersebut.

Keteledoran manusia
Sebelum Titanic menabrak gunung es dan tenggelam, beberapa saat sebelumnya Senior Radio Operator yang bernama Jack Phillips mendapatkan pesan yang menggunakan sandi morse. Phillips sudah mendapatkan peringatan dari sebuah stasiun pengintaian di Cape Race, Newfoundland, bahwa telah ada gunung besar yang menghadang jalur Titanic. Dikarenakan Phillips menganggap pesan tersebut tidaklah terlalu penting dan berbahaya, maka dia tidak menyampaikannya ke kapten kapal, Edward J. Smith.

Konstruksi yang jelek
Tim Foecke dan Jennifer Hooper McCarty, dua orang peneliti bahan-bahan logam, mengatakan bahwa besi pada bagian bawah Titanic adalah besi yang terlalu lembek. Hal tersebut mereka ungkapkan setelah mereka mendapatkan serpihan material Titanic bagian bawah. Pemakaian besi yang berkualitas rendah pada bagian bawah, menyebabkan Titanic karam dengan cepat. "Andai saja mereka menggunakan bahan yang berkualitas bagus, mungkin walaupun bocor setelah menabrak gunung es tersebut, Titanic masih mampu mengapung lama", lanjut mereka.

Walaupun sudah mengemukakan banyak alasan dan beberapa faktor seperti yang tertulis di atas, namun Richard Corfield masih ingin menguak lebih lanjut tentang tenggelamnya Titanic. Namun, banyak peneliti lain yang menyebutkan bahwa penyebab utama dari tenggelamnya Titanic adalah keteledoran kapten Smith. Untuk jawaban yang lebih pasti dan akurat, hanya Tuhan, Titanic, dan kapten Smith saja yang tahu.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. mandhez . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template Design by Premium Blogger Templates. Inspired from Blogger Tricksfree download all